Selasa, Februari 16, 2010

Public Relation, Profesi Modern Yang Berjiwa Muda

Profesi public relation atau lebih sering disebut dengan PR (baca: pi-ar), mungkin bagi beberapa sobat Blogger masih awam mendengarnya. Jangan sampe gagap aja kalo misalnya ditanya ma orang tentang PR. Waaah....kacaau neh, coz PR dah jadi profesi super duper kereen untuk saat ini. Bayangin aja, seorang PR harus menguasai luar dalam suatu perusahaan. Truuus, kalo ada sesuatu yang berurusan dengan nama baik perusahaan, yang maju duluan yaa…PR.


Public relation atau lebih dikenal dengan humas (hubungan masyarakat) mempunyai peran yang amat penting bagi suatu perusahaan. Misalnya aja neh, adanya masyarakat yang mungkin bersikap melawan pada sebuah situasi atau kasus di dalam perusahaan. Yang intinya mereka gak mengerti apa yang sedang terjadi, atau mengapa hal tersebut terjadi. Naah, di sinilah profesi PR mempunyai peran kunci untuk menjelaskan sebuah situasi atau kejadian dengan sejelas-jelasnya. Sehingga ketidakpedulian dan bahkan sikap menentang, yang menjadi atmosfer di sekelilingnya dapat diputar menjadi pengertian dan penerimaan. Kelihatan sulit banget yaa jadi seorang PR, tapi bagi sobat yang memiliki hobi dan tantangan dalam bekerja kayaknya ini satu tujuan yang pasti deh !


Sekedar info aja nih, waktu bekerjanya seorang PR itu rata-rata 30-40 jam loh per minggu! Ya, namanya aja PR harus siap bekerja atau dihubungi saat jam kerja terutama pada saat darurat. Ruangan PR biasanya tempat yang paliiiing rame. Trus jadwal kerjanya juga kadang gak tetap dan terkadang dapet tambahan jadwal tuh dari berbagai pihak. Jadwal kerja biasanya sering mengalami re-schedule sehingga semua pihak dapat memenuhi deadline, mengerjakan pidato, menghadiri meeting, traveling, dan aktivitas lainnya. Wow ..it’s awesome !!!


Tapi, ada pundi-pundi rupiah yang menunggu lho dari sekian banyak tugas seorang PR. Biasanya sih untuk level junior, PR digaji sekitar 2 jutaan. Tapi kalo udah bisa dikatakan senior atau seorang PR yang lengkap akan pengalaman, biasanya bisa mendapat gaji sekitar 5 jutaan. Hmm.. yakin deh, sobat pasti banyak pindah haluan dan bergegas untuk menjadi seorang PR. Eiits.. jangan asal pindah aja ya, coz sobat Blogger mesti tahu, di balik profesi yang besar ada tanggung jawab yang besar juga, lho !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by My Xperience

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger